Hampir semua kegiatan yang ada di front office berhubungan dengan
tamu,baik secara langsung maupun tidak langsung.Karena itu front office
memiliki peranan penting dalam operasi sebuah hotel.Seperti dikatakan
oleh Valen (1985:24),dalam bukunya Check-in check-out,Principles of
Effective Front Management, bahwa Front office adalah :
It is
indeed the heart and the hub and the nerve center of guest activity
(Sesungguhnya front office adalah jantung,dan pusat dari segala macam
kegiatan para tamu).
Peranan Kantor Depan Hotel
Dalam operasi
sehari-hari,Front office mempunyai macam-macam peran.Peran ini penting
untuk memperlancar kegiatan hotel dan menjalin kerjasama erat antar
departemen.Untuk itu ada 8 peran penting dari front office departement,
yaitu :
1. MANAGEMENT REPRESENTATIVE (Merupakan wakil dari manajemen)
Dalam
keadaan tertentu front office dapat berperan sebagai wakil dari
manajemen untuk menghadapi/menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya
hanya bisa diselesaikan oleh pihak manajemen.Hal ini misalnya sering
terjadi ketika masalah terjadi di luar jam kantor,ketika manajemen tidak
sempat menyelesaikannya,terutama di malam hari.Atau tiba-tiba tamu yang
sangat penting (para pejabat tinggi) tiba-tiba datang ke hotel untuk
keperluan santai atau pribadi,seperti bermain tenis dengan sejawat.
2. SALES PERSON (Orang-orang yang mampu menjual )
Setiap
orang yang berada di jajaran front office diharuskan mampu dan memiliki
Salesmanship, karena karyawan front office lebih banyak berhubungan
dengan tamu ataupun pengunjung jika dibandingkan dengan departemen lain
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar